(OLI EMKARATE)
SISTEM PENDINGIN OLI
Untuk
sistem pendingin secara umum sudah di bahas dalam sistem pendingin.
Sekarang kita coba sedikit membahas pendingin oli. Semua sudah pasti tau oli
atau minyak pelumas, fungsinya antara lain untuk pelumas, pelindung, pembersih
dan pendingin. Untuk fungsi pendingin, oli cukup penting perannya dalam sebuah
mesin, Oli bertanggung jawab besar terhadap suhu mesin. Radiator hanya
bertanggung jawab untuk pendinginan bagian atas mesin, sedangkan sisanya
(crankshaft, camshaft, timing gears, piston, baut, dan masih banyak lagi
komponen mesin yang kritis didinginkan oleh oli).
Panas
pada mesin dihasilkan oleh proses pembakaran bahan bakar dan gesekan antara
komponen mesin. Ketika oli melewati bagian komponen mesin yang panas, panas dialihkan
ke oli. Karena oli menjadi panas, maka oli tersebut perlu di dinginkan, bisanya
oli tersebut di dinginkan menggunakan air tawar.
Proses
penukaran panas ini terjadi di suatu alat yang dinamakan Heat
exchanger , dimana fluida yang di dinginkan adalah oli, sedangkan
fluida yang mendinginkan adalah air tawar. Untuk peletakan Heat
Exchanger pada mesin tertentu di letakkan jadi satu dengan mesin, namun
ada juga yang terpisah dengan mesin sehingga memerlukan sistem perpipaan yang
lebih banyak.
Heat
Exchanger secara umum terdapat 2 tipe, yaitu tipe shell &
tube (U-tube) dan tipe plate, namun sekarang tipe plate lebih
cenderung di minati ketimbang tipe tube karena dari segi perawatannya, tipe
plate lebih mudah untuk di bersihkan.

.jpeg)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar